FAQ - Frequently Asked Questions

Value
Fasilitas laporan transaksi dapat berupa:

  • Online melalui aplikasi STAR.
  • Email : Customer Statement, Trade Confirmation, Order Alert, Done Alert.
Laporan historikal transaksi (Customer Statement) dikirim setiap bulan melalui email, atau dapat langsung dilihat langsung dan dicetak setiap saat dengan cara:

  1. Login ke aplikasi STAR for Desktop atau melalui browser STAR for Web.
  2. Pilih menu “Balance & Position” > “Statement Report”.
  3. Masukan PIN Trading (jika belum login PIN)
  4. Pilih “Cash Activity” untuk melihat laporan dana masuk dan keluar.
  5. Pilih tanggal yang diinginkan.
Transaksi yang dilakukan dalam satu hari dapat dipantau melalui aplikasi STAR pada halaman “Order Status“.

Anda akan mendapatkan konfirmasi transaksi (trade confirmation) via email sebagai bukti transaksi.

Email konfirmasi juga akan dikirim untuk setiap tindakan yang dilakukan seperti melakukan pemesanan (order), perubahan (amend) dan pembatalan (withdrawal) dan jika pesanan telah terpenuhi (order done).

Rekomendasi dan riset saham terkini dikirimkan melalui alamat email nasabah yang terdaftar dan dapat diakses melalui aplikasi STAR pada menu Stock Recommendation >> Research.

Nasabah juga dapat membaca secara online di www.samuel.co.id



Nasabah yang memilih layanan full service dengan bantuan broker/sales dapat menanyakan rekomendasi saham pada account officer-nya.

Pricing
Biaya komisi broker :

Online Trading Full Service
Fee Beli 0,15% net 0,25% net
Fee Jual 0,25% net 0.35% net
Minimum Saldo Rp. 0,- Rp. 0,-
Komisi Transaksi sudah termasuk biaya :

  • VAT (PPN) 11% dari brokerage fee
  • IDX Fee (Biaya Levy BEI) 0,043% dari total Value transaksi beli atau jual
  • Selling Tax (PPh) 0,1% dari total Value transaksi jual
Karena dana nasabah tersimpan di rekening dana investor (RDI), maka bunga yang diberlakukan sesuai ketentuan bank yang dipilih. Besar bunga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung perubahan bunga bank.

Jika Anda ingin mendapatkan bunga yang lebih optimal pada instrumen pasar uang (tenor di bawah 1 tahun), Samuel Sekuritas menyediakan produk setara pasar uang.

Setoran awal minimum untuk rekening online trading : Tidak terbatas.

Setoran awal minimum untuk rekening full service : Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah).

Penambahan dana selanjutnya : Tidak terbatas.

Procedures
Pasar Reguler: Tanggal penyelesaian untuk semua transaksi adalah 2 hari kerja sejak tanggal transaksi atau T+2.

Pasar Negosiasi: Tanggal penyelesaian transaksi pasar negosiasi ditetapkan berdasarkan kesepakatan Antara penjual dan pembeli

Pasar Tunai: Tanggal penyelesaian transaksi pasar tunai adalah 0 hari kerja atau T+0

Nasabah memberikan instruksi kepada sekuritas yang lama dan mengisi formulir untuk meminta pemindahan saham.

Scan formulir pemindahan tersebut diserahkan kepada PT Samuel Sekuritas Indonesia melalui email ke ssics@samuel.co.id untuk penyelesaian pemindahan saham Nasabah.

Nasabah harus menandatangani formulir pemindahan saham dan mengirimkan form asli ke alamat kantor PT Samuel Sekuritas Indonesia.

Untuk mendapatkan formulir instruksi pemindahan saham, anda dapat menghubungi Customer Service melalui email ssics@samuel.co.id , Whatsapp 081908880551 atau telpon ke 021 2854 8181.

Biaya pemindahan sebesar Rp 22.200,- per kode saham.
Tidak, penarikan dana dari rekening RDI tidak dapat dilakukan langsung oleh nasabah karena hak kuasa pengelolaan rekening dana investor ada di perusahaan sekuritas tempat membuka rekening efek (PT Samuel Sekuritas Indonesia).

Setiap akan menarik dana, Anda harus mengirimkan instruksi penarikan dana secara online dari sistem STAR di menu Account >> Fund Withdrawal Request >> Masukkan nominal dana yang ingin ditarik.

Dana akan dikirim ke rekening bank atas nama nasabah yang sudah terdaftar di formulir pembukaan rekening. Jika ada perubahan data atau nomor rekening bank, nasabah harus mengirimkan surat pernyataan perubahan nomor rekening bank di atas materai.

Dana dapat ditarik secara online melaui sistem STAR dengan cara:

  • STAR for Smartphone: Menu Bal & Pos >> Klik Garis 3 >> pilih fund transfer >> pilih fund withdrawal >> masukan nominal yang ingin ditarik >> send
  • STAR for Dekstop: menu Account >> Fund Withdrawal Request >> Masukkan nominal dana yang ingin ditarik.
Dana akan dikirim ke rekening bank atas nama nasabah yang sudah terdaftar. Jika ada perubahan data atau nomor rekening bank, nasabah harus mengirimkan surat pernyataan perubahan nomor rekening bank di atas materai dan formulir asli dikirimkan ke alamat kantor PT Samuel Sekuritas Indonesia.

Batas waktu (cut off time) instruksi penarikan dana:

Bank BCA: Selama penarikan dana ≤Rp 100jt, maka dana realtime masuk ke rekening dan batas waktu adalah jam 16.30 WIB. Penarikan dana >Rp100jt akan diproses secara manual oleh finance, apabila instruksi penarikan dilakukan sebelum jam 12.00 WIB, maka penarikan dijalankan di hari yang sama dan apabila instruksi penarikan dana dilakukan setelah jam 12.00 WIB, maka penarikan dana dijalankan pada hari kerja berikutnya.

Selain Bank BCA: Apabila instruksi penarikan dilakukan sebelum jam 12.00 WIB, maka penarikan dijalankan di hari yang sama dan apabila instruksi penarikan dana dilakukan setelah jam 12.00 WIB, maka penarikan dana dijalankan pada hari kerja berikutnya.

Tidak ada saldo minimum yang harus disisakan.
Anda dapat menambah deposit pada rekening sewaktu-waktu. Penambahan dana dapat dilakukan dengan cara transfer ke nomor Rekening Dana Nasabah yang Anda miliki.

Nomor rekening RDN dapat dilihat melalui aplikasi STAR:

STAR for Smartphone: Menu Bal & Pos >> Klik garis 3 >> my Profile (RDI Bank)

STAR for Dekstop: Menu Account >> Update Profile (RDI Bank)
New Account
Semua rekening nasabah SAMUEL dibukakan sub-rekening di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), merupakan lembaga yang menyimpan semua surat berharga atas nama Nasabah. Anda akan menerima kartu investor dan pin untuk mengakses website KSEI sebagai bukti bahwa saham Anda tersimpan dengan aman di kustodi. Jika Anda adalah nasabah SAMUEL tetapi belum menerima investor akses, silakan hubungi Customer Service untuk bantuan.

Nasabah dapat memverifikasi dan mendapatkan bukti kepemilikan saham dengan cara login ke investor akses di website KSEI.

Ya. Semua nasabah Online Trading akan mendapatkan akses ke sistem online (STAR).

Transaksi saham sudah dapat dimulai setelah Anda mendapatkan Client Code, Password, PIN trading, dan setelah menyetorkan deposit awal ke rekening dana nasabah (RDN).

Trading dilakukan sesuai dengan waktu perdagangan di Bursa Efek Indonesia, yaitu :

Sesi pra pembukaan : 08.45-08.55 WIB
Sesi I (pasar reguler, tunai, negosiasi) : 09.00-12.00 WIB (Senin-Kamis)
: 09.00-11.30 WIB (Jumat)
Sesi II (pasar reguler, negosiasi) : 13.30-15.50 WIB (Senin-Kamis)
: 14.00-15.50 WIB (Jumat)
Sesi pra penutupan (pasar reguler) : 15.50-16.00 WIB
Sesi pasca penutupan (pasar reguler, negosiasi) : 16.05-16.15 WIB
Jika Anda yang sudah mendapatkan nomor rekening dana nasabah (RDN), setoran awal atau penambahan dana selanjutnya dapat disetorkan ke rekening RDN tersebu.

Rekening atas nama Perorangan / Individu:

Untuk nasabah individu WNI yang memiliki nomor Rekening BCA/BRI/Mandiri dapat melalui aplikasi STAR for Smartphone dan melakukan upload dokumen seperti KTP, tanda tangan di atas kertas putih, dan melakukan video verifikasi.

Bagi nasabah yang tidak memiliki rekening BCA/BRI/Mandiri dan nasabah WNA hanya dapat registrasi manual melalui web register.samuel.co.id dengan melampirkan:

  • KTP Bagi WNI atau PASPOR/KITAS/KIMS bagi WNA
  • NPWP atau surat pernyataan tidak memiliki NPWP
  • KTP Pasangan, bagi calon nasabah yang berstatus menikah atau KTP orang tua bagi calon nasabah yang berstatus pelajar
  • Halaman depan Buku Tabungan atau Rekening Koran
  • Kartu nama / Surat Pernyataan Bekerja
Rekening atas nama Perusahaan/Institusi
  • KTP/Paspor dan NPWP Pejabat yang Berwenang Sesuai dengan Akte Perusahaan.
  • NPWP Perusahaan
  • NIB dan SIUP Perusahaan
  • Akte Pendirian Perusahaan Beserta Seluruh Perubahannya (Telah Disahkan oleh Menteri Kehakiman)
  • Keputusan Kementrian Hukum & HAM
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Surat Keterangan Domisili
  • Laporan keuangan terakhir
  • Akte terakhir Susunan Pengurus Perseroan
Untuk nasabah individu WNI yang memiliki nomor Rekening BCA/BRI/Mandiri dapat melakukan registrasi online serta melakukan upload dokumen seperti KTP, tanda tangan di atas kertas putih melalui aplikasi STAR dan video verifikasi.



  • Bagi nasabah WNA atau nasabah WNI yang tidak memiliki nomor rekening BCA/BRI/Mandiri dapat registrasi online melalui aplikasi STAR untuk mobile atau melalui website register.samuel.co.id atau menghubungi Customer Service untuk mendapatkan formulir pembukaan rekening efek dan RDN.


  • Bagi nasabah non-perorangan dapat registrasi di register.samuel.co.id untuk mendapatkan formulir atau menghubungi Customer Service untuk mendapatkan formulir pembukaan rekening efek dan RDN.

    Serahkan formulir (asli) yang telah dilengkapi dan ditandatangani beserta lampiran ke:


    PT Samuel Sekuritas Indonesia Customer Service Division Menara Imperium 21 Floor, Jl. HR Rasuna Said Kav.1 Jakarta 12980. Indonesia

  • Formulir akan dicek dan diproses oleh Customer Service, jika dokumen sudah lengkap, formulir RDN akan diserahkan ke Bank untuk diproses pembuatan RDN.
  • Password dan Client code akan dikirimkan ke email yang terdaftar setelah akun di pre-aktivasi oleh Customer Service.
  • PIN trading akan dikirimkan setelah melakukan penyetoran dana awal ke RDN.
Anda dapat melakukan pembukaan rekening efek secara online melalui aplikasi STAR dengan cara download Aplikasi STAR melalui Play Store untuk pengguna Android atau Apps Store untuk pengguna iOS dengan cara mengisi data pribadi anda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda juga dapat mengunjungi kantor kami untuk melakukan pembukaan rekening. Customer Service kami akan membantu anda dalam pengisian dan kelengkapan dokumen pendukung.

Kami menyediakan layanan pengambilan dokumen pembukaan rekening oleh pihak Marketing kami (pick up order), sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati STAR Customer Service Telp (+62) 21- 28548181.

Technical
Apabila terjadi gangguan koneksi internet atau jaringan dari pihak Samuel Sekuritas sehingga nasabah tidak dapat mengakses STAR, nasabah tetap dapat melakukan transaksi dengan melakukan order jual/beli melalui Whatsapp 081908880551 atau telpon ke 021-28548181.pada jam bursa.

Jika terjadi gangguan koneksi internet dari nasabah seperti komputer rusak atau tidak ada koneksi internet, kami tidak memberikan fasilitas memasang order melalui telepon kepada nasabah dengan tipe layanan OLT only.

Bagi Nasabah yang lupa Password dapat mengakses https://trade.samuel.co.id atau menghubungi STAR Customer Service melalui email ssics@samuel.co.id , Whatsapp 081908880551 atau telepon ke 021-28548181.

Bagi nasabah yang lupa PIN Trading dapat mengakses https://trade.samuel.co.id atau menghubungi STAR Customer Service di Telp 021-28548181, karna PIN Trading bersifat confidential sehingga Customer Service akan melakukan verifikasi data.

STAR Customer Service akan melakukan reset dan pengiriman Password atau PIN trading nasabah ke alamat email yang terdaftar.
Sesuai dengan Surat Edaran dari BEI no. SE-00005/BEI/10-2011, fasilitas multiple login tidak diperkenankan.

User ID (Client Code) dan Password hanya dapat digunakan oleh satu pengguna, ini berguna untuk menjaga keamanan dalam melakukan transaksi secara online.

Tidak, apabila Anda mengakses melalui internet browser (STAR for web).

Ya, apabila Anda mengakses melalui aplikasi STAR for PC atau STAR for mobile device.

STAR didesain untuk dapat digunakan pada berbagai jenis komputer atau mobile browser sehingga tidak perlu untuk melakukan instalasi software secara khusus. Namun, untuk Nasabah yang lebih suka menggunakan software, STAR juga menyediakan aplikasi untuk didownload pada berbagai perangkat mobile seperti BlackBerry, iPhone, iPad, Tab ataupun ponsel Android. Anda dapat menemukan aplikasi STAR dan cara menginstal (jika diperlukan) https://m.samuel.co.id

General
Untuk tutorial STAR dapat melihat di playlist akun youtube Samuel Sekuritas.



atau melalui https://www.star.id/tutorial , https://www.star.id/forms
Rekening Dana Nasabah (RDN)/Rekening Dana Investor (RDI) adalah rekening di bank atas nama nasabah untuk transaksi jual beli saham di perusahaan Sekuritas, bertujuan untuk memisahkan dana nasabah dengan dana Perusahaan Efek.

  • Realtime order
    Melalui sistem remote yang terintegrasi dengan JATS, order nasabah dikirim secara langsung dan cepat (real time).

  • Trade Anywhere
    Nasabah dapat bertransaksi saham dari mana saja cukup dengan terkoneksi ke jaringan internet. Mengakses STAR di luar negeri yang memiliki perbedaan waktu tidak akan menjadi kendala jika jaringan internet terkoneksi dengan baik.

  • Affordable Price
    Deposit awal pembukaan rekening terjangkau dan biaya komisi yang bersaing, ditambah berbagai fasilitas dan layanan, memberikan nilai tambah atas rekening STAR.

  • Comfort Tools & Services
    Fleksibilitas untuk mengakses portfolio, melihat status order dan posisi rekening sewaktu-waktu selama 24 jam. Informasi lengkap tentang pasar modal, riset saham harian, analisa teknikal, rekomendasi bahkan rumor diberikan secara lengkap dan cuma-cuma, serta Customer Service yang senantiasa membantu anda.

  1. Pemesanan transaksi beli/jual saham bisa lebih cepat terkirim
  2. Memiliki Kesempatan mendapatkan posisi harga yang lebih optimal
  3. Penempatan order bisa dilakukan di luar jam bursa
STAR (Samuel Trading Active Realtime)
adalah suatu produk dan layanan dari PT Samuel Sekuritas Indonesia yang membantu investor untuk bertransaksi saham secara online dan real time di Bursa Efek Indonesia melalui jaringan internet.

Nasabah dapat melakukan transaksi pesanan beli/jual saham secara langsung melalui STAR Browser, STAR Mobile (Android dan iPhone) ataupun STAR Desktop. Pesanan beli/jual yang diterima oleh sistem remote trading secara otomatis dikirim ke JATS (Jakarta Automatic Trading System) tanpa perlu menghubungi broker. Nasabah juga dapat melakukan perubahan atau pembatalan transaksi order melalui STAR.
Ada dua jenis rekening di PT Samuel Sekuritas Indonesia yakni :

  1. Rekening Online Trading
  2. Full Service atau dengan Layanan Account Officer
Perbedaan utama ada pada tabel di bawah ini:

Perbedaan Online Trading Full Service
Cara bertransaksi Internet (Aplikasi, Web Based & Gadget) Telepon Account Officer (AO) dan Internet
Deposit awal Tidak ditentukan Rp. 100 Juta
Komisi Broker Beli 0,15% Net Beli 0,25% Net
Jual 0,25% Net Jual 0,35% Net
PT Samuel Sekuritas Indonesia (SSI) adalah perusahaan perantara perdagangan efek yang tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia, dengan kode perusahaan IF.